Langkah Selanjutnya Setelah Lulus SNMPTN

Terkait pengumuman SNMPTN 2015 yang dipublikasikan pada Sabtu (9/5/2015) lalu, calon mahasiswa yang dinyatakan lulus harus melakukan registrasi ulang. Ada beberapa tahap yang harus dilalui dalam registrasi ulang ini, yaitu:

  1. Konfirmasi Biaya Pendidikan

Konfirmasi biaya pendidikan dilakukan secara online di web penerimaan.ui.ac.id. Konfirmasi ini dilakukan paling lambat tanggal12 Mei 2015 pukul 23.59 WIB. Besarnya biaya pendidikan yang harus dibayar oleh setiap mahasiswa disesuaikan dengan data kemampuan keuangan dari penanggung biaya pendidikan. Di UI terdapat empat pilihan kelas biaya pendidikan yang dapat diajukan (kelas A, kelas B, kelas C, dan kelas D). Peserta diharapkan memilih kelas biaya pendidikan sesuai dengan kemampuan bayar penanggung biaya.

  1. Pembayaran Biaya Pendidikan

Setelah melakukan konfirmasi jenis biaya pendidikan, calon mahasiswa dapat melakukan pembayaran biaya pendidikan. Pembayaran tersebut dapat dilakukan melalui ATM atau teller bank yang bekerja sama dengan UI. Pembayaran dilakukan pada tanggal 9 Mei—8 Juni 2015. Calon mahasiswa harus menyimpan bukti pembayaran untuk proses registrasi selanjutnya.

  1. Verifikasi Rapor

Calon mahasiswa diwajibkan hadir dan tidak dapat diwakilkan di Balairung UI dengan membawa kelengkapan nilai-nilai rapor yang dibutuhkan dengan jadwal sebagai berikut:

Asal Sekolah wilayah Hari, Tanggal
Jakarta Jumat, 5 Juni 2015
Jabar dan Banten Sabtu, 6 Juni 2015
Di luar wilayah Jakarta, Jabar, dan Banten Senin, 8 Juni 2015

 

  1. Registrasi Administrasi

Calon mahasiswa baru diwajibkan hadir dan tidak dapat diwakilkan di Balairung UI, Kampus UI Depok pada tanggal 9 Juni 2015dengan jadwal sebagai berikut:

Hari/Tanggal Waktu Fakultas
Selasa, 9 Juni 2015 08.00-12.00 WIB Kedokteran (FK)
Kedokteran Gigi (FKG)
Matematika & Pengetahuan Alam (FMIPA)
Teknik (FT)
Kesehatan Masyarakat (FKM)
Ilmu Komputer (Fasilkom)
Ilmu Keperawatan (FIK)
Farmasi (FF)
12.00-16.00 WIB Hukum (FH)
Ekonomi & Bisnis (FEB)
Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB)
Psikologi (F. Psi)
Ilmu Sosial & Ilmu Politik (FISIP)

 

Calon mahasiswa baru dianggap mengundurkan diri apabila sampai pukul 09.00 WIB (Fakultas kelompok IPA) dan 13.00 WIB (Fakultas kelompok IPS) tidak hadir. Informasi resmi terkait hasil kelulusan SNMPTN di UI bisa didapatkan di jalur resmi UI melalui program SAMABA (Sahabat Mahasiswa Baru) UI. Program ini dapat diakses melalui media-media sosial resmi SAMABA , yaitu: Twitter @samabaUI dan Facebook: Samaba UI. Selain itu, pertanyaan-pertanyaan juga dapat ditanyakan melalui jalur email ke alamat sahabat_maba@ui.ac.id dengan subjek email “nama lengkap, Nomor Pokok Mahasiswa (NPM), perihal”.

Pertanyaan-pertanyaan juga dapat ditanyakan melalui sms center kami di nomor 08571741 1116  untuk rumpun Ilmu Kesehatan (FK, FKG, FKM, FIK, F.Farmasi),  08571741 1117 untuk rumpun Ilmu Sains dan Teknologi (FMIPA, FT, Fasilkom), dan di 08571741 1118 untuk rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora (FH, FE, FIB, F.Psikologi, FISIP). Pertanyaan-pertanyaan dapat dikirim dengan format sms “nama lengkap, NPM, pertanyaan”

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, orang tua dan calon mahasiswa baru UI diharapkan dapat lebih berhati-hati dan hanya merujuk pada sumber-sumber resmi informasi seperti yang tertera di atas.

No Comments Yet

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>